Halo teman-teman pencinta buku, penulis, dan calon penulis. Apakah Anda ingin menerbitkan naskah di Penerbit Buku Kompas? Berikut kami sampaikan prosedur pengiriman naskah ke Penerbit Buku Kompas.

Penerbit Buku Kompas berdiri pada 15 Oktober 1999 dan merupakan bagian dari harian Kompas. Kami menerbitkan genre-genre buku fiksi dan nonfiksi untuk target pembaca dewasa dan dewasa muda.

Jika Anda merasa punya karya dengan tema menarik, kekinian, dan orisinal (bukan jiplakan/plagiat), jangan ragu-ragu mengirimkan naskahmu ke Penerbit Buku Kompas!

Ketentuan umum untuk pengumpulan naskah fiksi ataupun nonfiksi:

  1. Ukuran font 12 pt dan spasi 1,5. Tebal naskah 100-200 halaman A4 (untuk fiksi ataupun nonfiksi)—tebal halaman bisa lebih dari jumlah yang telah disebutkan asalkan tak berlebihan.
  2. Tema naskah akan dipertimbangkan selama bukan plagiat; tidak menimbulkan problem SARA; dan/atau menyinggung pornografi.
  3. Apa saja yang perlu dikirimkan?
  • 1 kopi printout naskah utuh/lengkap (bukan naskah yang setengah selesai, bukan hanya cuplikan naskah) yang sudah dijilid agar tidak tercecer.
  • Sinopsis naskah (maksimal 500 kata).
  • Uraian singkat mengenai: keunggulan naskah Anda, target pembaca, dan buku sejenis yang menjadi kompetitor/referensi. Singkat saja, maksimal 500 kata.
  • Data diri penulis (nama lengkap, alamat domisili, nomor telepon/HP, dan alamat e-mail yang aktif/bisa dihubungi) dan judul buku yang pernah diterbitkan (jika ada).
  • Cantumkan jenis naskah Anda (fiksi/nonfiksi, remaja/dewasa, dan sebagainya) di sudut kiri atas.

Setelah diterima redaksi, naskah akan ditimbang selama sekitar 2 bulan. Harap maklum, mengingat banyaknya naskah yang masuk. Naskah yang belum bisa kami terbitkan dapat diambil di kantor Penerbit Buku Kompas dalam hari dan jam kerja. Redaksi tidak akan memberikan review khusus/personal untuk naskah yang dikembalikan.

Kami tidak memungut bayaran kepada penulis yang ingin menerbitkan naskahnya.

Ayo kirimkan naskah Anda ke:

Redaksi Penerbit Buku Kompas
Jalan Palmerah Selatan 26-28
Jakarta 10270

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi hotline kami di (021)53670882 atau e-mail ke buku@kompas.com.