Buku Baru – Juni 2021

Buku-buku terbaru dari Penerbit Buku Kompas periode terbit Juni 2021:

Trilogi Nuswantara

Terdiri dari Gerbang Nuswantara, Candi Nuswantara, dan Jagat Nuswantara, trilogi yang diutlis oleh Victoria Tunggono ini merupakan sebuah novel yang lekat dengan kebudayaan Jawa. Petualangan Rani bersama sepupunya Bima lebih dari sekadar tersesat di bukit. Ada lebih dari sekadar teka-teki yang harus mereka pecahkan.

Diplomasi Membumi

Diplomasi secara umum dikenal sebagai penyelenggaraan hubungan resmi antarnegara lewat sejumlah wakil-wakilnya, yang ditunjuk sesuai kepentingan negaranya masing-masing. Praktiknya, diplomasi dijalankan lewat perwakilan resmi maupun aktor-aktor lainnya untuk menjadi “penyambung lidah“ kepentingan nasionalnya. Mereka bekerja lewat korespondensi, pembicaraan resmi dan tidak resmi, menyampaikan cara pandang, lobi, negosiasi, kunjungan, serta aktivitas lainnya, termasuk operasi tersembunyi melalui intelijen.

Buku yang ditulis oleh diplomat Indonesia untuk Austria mengisahkan tentang bagaimana diplomasi berjalan secara down to earth (membumi).

Kredensial #2: Kearifan di Masa Pagebluk

Trias Kuncahyono mengingatkan fakta sejarah bahwa krisis besar membawa konsekuensi besar. Senada dengan spirit dari tulisan-tulisannya, ia selalu menggarisbawahi bahwa senantiasa ada pelajaran yang bisa dipetik dari setiap peristiwa. Buku ini berisi 61 tulisan dari 145 artikel yang disajikan oleh penulis di lama triaskun.id

Catatan #PejuangGarisDua

Perjuangan mendapatkan buah hati terkadang penuh liku-liku. Melalui perjalanan hebat dari mereka yang bersedia menuturkan pengalaman berharga ini, para #pejuanggarisdua lainnya yang kini mungkin tengah berjuang menghadirkan permata hati, bisa belajar dan memetik hikmah.

Macan – Cerpen Pilihan Kompas 2020

Berisi 17 cerita dari 17 penulis yang telah dikurasi, Macan merupakan kumpulan cerpen pilihan Kompas yang meneropong kehidupan masyarakat. Ada yang menggunakan metafora ada pula yang blak-blakan. Semuanya layak dinikmati.

Negara Bangsa di Simpang Jalan

Buku ini berisi kumpulan kolom politik dan hukum Budiman Tanuredjo di harian Kompas yang mengulas berbagai problem yang saat ini dihadapi bangsa Indonesia.

Ekspedisi Teh Nusantara

Peliputan panjang ini berepisentrum pada teh. Namun, tidak hanya melihat teh sebagai bahan minuman, Tim Ekspedisi Teh Nusantara mencoba menggali lebih jauh untuk menemukan nilai-nilai kemanusiaan dan kearifan lokal yang tumbuh dari kebun, lalu menjalar dalam masyarakat.


Buku-buku di atas sudah bisa didapatkan di Gerai atau melalui kanal resmi Harian Kompas di lokapasar.