Segera Terbit: Moral Nexus

Selama lebih dari dua dekade mengisi kolom esai di koran Kompas, pemikir­an-pemikiran William Chang masih sangat relevan untuk dibaca di masa sekarang. Melalui tulisan-tulisannya, beliau tidak hanya menunjukkan kesenjangan yang perlu segera diatasi oleh para pemangku kebijakan, tetapi juga paradigma sosial yang seharusnya kita pertimbangkan saat menyikapi berbagai fenomena kehidupan.

Esai-esai sejak tahun 2000 tersebut dihimpun dalam satu buku sebagai bingkai alur berpikir yang pada akhirnya membangun gambaran yang lebih besar perihal sosial, budaya, dan politik. Tidak luput juga disajikan persoalan-persoalan aktual yang terjadi di era pascareformasi. Hal ini diharapkan bisa menjadi dasar perspektif atau pengambilan keputusan agar kita sebagai bangsa yang padu mampu belajar dari masa lalu dan optimis menyongsong masa depan. Buku ini semacam studi banding ke luar negeri.

Analisis beliau tentang berbagai corak persoalan nasional dan inter­nasional seharusnya bisa menjadi landasan kita da­lam mewujudkan karakter serta nilai kebangsaan yang seharusnya kita bina. Dengan demikian, kita mungkin tidak perlu terlalu jauh memproyeksikan manusia baru sebagai tonggak berdirinya masyarakat modern, tetapi justru melihat ke dalam lubuk hati dan nurani kita untuk mengangkat kem­bali nilai-nilai kemanusiaan yang universal.

Moral Nexus dalam Mengelola Pemerintahan
Penulis:
William Chang
Ukuran: 15 x 23 cm
Tebal: 360 halaman
Rencana terbit: November 2022
ISBN: dalam proses