Segera Terbit: Investasi Obligasi

Judul : Investasi Obligasi

Penulis : Ahmad Danu Prasetyo, Ph.D. dan Yunieta Anny Nainggolan, Ph.D.

Ukuran : 14 x 21 cm

Halaman :  256  halaman

SINOPSIS

BUKU ini menjabarkan secara lengkap dasar-dasar berinvestasi pada instrumen pendapatan tetap, yaitu obligasi. Obligasi merupakan pilihan sarana investasi bagi investor yang ingin mendapatkan imbal hasil yang relatif stabil dengan risiko rendah. Namun, investasi pendapatan tetap memiliki strategi berbeda dibanding investasi pada saham yang lebih populer di pasar modal. Investasi pendapatan tetap mempertimbangkan pergerakan tingkat bunga dan kemampuan bayar dari perusahaan yang mengeluarkan obligasi tersebut. Selain obligasi, konsep dan aplikasi mengenai jenis dan fitur, pasar dan perdagangan, penilaian, durasi dan kecembungan, analisis kredit, pengelolaan portofolio obligasi, dan topik khusus lain juga akan dijelaskan di buku ini. 

Pembahasan di buku ini selain mudah dipahami, juga dilengkapi dengan studi kasus nyata di Indonesia serta soal latihan untuk memastikan pembaca memahami konsep dan aplikasinya di pasar obligasi Indonesia. Buku ini diharapkan dapat membantu siapa pun yang baru belajar atau ingin mengembangkan karier di bidang obligasi, serta calon investor obligasi untuk dapat memahami investasi obligasi secara lebih cepat, mudah, dan praktis. 

 

Ahmad Danu Prasetyo adalah dosen di Sekolah Bisnis dan Manajemen, ITB. Beliau memperoleh gelar Ph.D. dari Graduate School of Economics, Keio University, Jepang. Selama studi di Keio University,  Danu  menjadi Adjunct Researcher. Danu juga bergabung dengan Asian Development Bank Institute di Tokyo sebagai Research Associate untuk periode jangka pendek (2014-2015). Danu juga pernah menjabat di Kementerian Keuangan Republik Indonesia sebagai konsultan untuk berbagai proyek, khususnya dalam pengembangan Pasar Surat Utang Negara.

 

Yunieta Anny Nainggolan adalah Associate Professor di Sekolah Bisnis dan Manajemen, ITB, dengan gelar Doctor of Philosophy (di bidang keuangan) dari Queensland University of Technology, Australia. Yunieta telah meng­ajar selama 21 tahun, dimulai dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, kemudian di Universitas Deakin, Australia, dan kini di SBM ITB. Yunieta telah me­nerbitkan publikasi di beberapa jurnal terkemuka, seperti Journal of Business Ethics, Emerging Markets Finance and Trade, dan Social Responsibility Journal. Dr. Yunieta memiliki sertifikasi professional, seperti Wakil Manajer Investasi (WMI) dan Certified Wealth Managers’ Association (CWMA®).