Segera Terbit: Perjalanan dan Capaian Kabinet Indonesia Bersatu I (2004-2009)

Judul : Perjalanan dan Capaian Kabinet Indonesia Bersatu I (2004-2009)

Penulis : Paguyuban Kabinet Indonesia Bersatu I

Ukuran : 12 x 23cm

Halaman : 224 halaman

Sinopsis:

MESKIPUN sejumlah pemerintah telah bekerja keras pasca-Reformasi 1998, Indo­nesia masih menghadapi persoalan sulit. Bencana alam, konflik dan ancaman ne­gara yang terpecah belah (balkanisasi), kungkungan demokrasi multipartai dengan sistem presidensial, juga krisis ekonomi dan keuangan yang masih membelit, mem­bayang-bayangi Negara Kesatuan Republik Indonesia. Belum lagi munculnya sentimen ke­agamaan yang ingin menampikkan Pancasila sebagai ideologi negara dan bisa men­jerumuskan Indonesia jadi negara otoritarian.

Lalu, apakah di bawah kepemimpinan Presiden SBY dan Wapres JK yang membentuk pertama kali pemerintahan baru berdasarkan hasil pemilu secara langsung mampu bertahan menghadapi tantangan-tantangan? Bagaimana Kabinet Indonesia Bersatu I berhasil membawa kemajuan, keadilan, demokratisasi, dan tetap menjaga keutuhan Indonesia sebagai NKRI? Dasar-dasar kebijakan dan regulasi apa yang diletakkan oleh SBY-JK untuk membangun pemerintahan selama lima tahun?

Buku ini memberikan catatan perjalanan dan capaian yang telah ditorehkan oleh Kabinet Indonesia Bersatu selama periode 2004-2009. Dengan capaian-capaian tersebut, buku yang disusun oleh Paguyuban Kabinet Indonesia Bersatu I ini diharapkan menjadi gambaran dan pembelajaran usaha dan kerja keras pemerintahan saat itu.