Segera terbit: Jejak Diplomasi Retno Marsudi. Tegas dalam Prinsip, Lentur dalam Cara

Judul Buku : Jejak Diplomasi Retno Marsudi. Tegas dalam Prinsip, Lentur dalam Cara. Kilas balik Diplomasi Indonesia 2014-2024
Penulis : B. Josie Susilo, Kris Mada, Luki Aulia
Ukuran : 15 cm x 23 cm
Tebal : 276 halaman

Dengan dua lagu dangdut yang sedang terkenal di Indonesia, para kepala dan pejabat negara anggota ASEAN dan mitra berjoget. Mereka bergembira di sela makan malam dalam rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN dan mitra pada 6 September 2023 di Jakarta. Menu makan malam itu istimewa. Presiden RI Joko Widodo mengawasi pilihan menu yang disajikan kepada para kepala negara, kepala pemerintahan, dan menteri dari negara-negara sahabat Indonesia.
Di antara puluhan orang yang bergembira itu, ada beberapa orang yang pusing. Menteri Luar Negeri RI Retno L.P. Marsudi termasuk yang sedang cemas dan pusing di lokasi penuh kegembiraan itu (Aulia, 2023). Di lantai tempat orang menari mengikuti musik, ia mendekati berbagai orang. Kepada orang-orang itu, termasuk para kepala negara atau kepala pemerintahan dan para menteri luar negeri, Retno memberikan catatan lewat kertas.
Sebagai salah satu penanggung jawab KTT ASEAN, Retno dan jajarannya di Kementerian Luar Negeri Indonesia amat berkepentingan menyukseskan rangkaian KTT ASEAN. Meski para delegasi terlihat bergembira pada 6 September 2023 malam di pusat Jakarta, masih ada ketidaksetujuan di antara sebagian delegasi untuk beberapa bagian dokumen-dokumen yang diharapkan dihasilkan dari KTT.