Semua Bisa Panjang Umur

 

Judul: Semua Bisa panjang Umur

Penulis: dr. Handrawan Nadesul

Ukuran: 15 x 23 cm

Halaman : 352 halaman

Sinopsis:

Abad ke-21 sekarang ini, orang di negara sejahtera rata-rata berumur 78-an tahun. Orang Okinawa di Jepang kini mencapai seratusan tahun (centenarian). Orang di Indonesia tahun 1950 rata-rata berumur 39 tahun saja, namun tahun 2024 kini harapan hidup kita sudah 72,5 tahun. WHO terus mencatat setiap kurun waktu, umur harapan hidup atau life expectancy setiap negara terus bertambah panjang. Apa artinya ini?
ARTINYA umur manusia bukan karena nasib, melainkan disebabkan oleh keadaan. Kemiskinan, minimnya fasilitas kesehatan, dan layanan medis, selain temuan medis belum berkembang secanggih sekarang. Itu menjadi berarti intervensi medis menentukan umur rata-rata orang di setiap negara. Makin miskin dan makin minim fasilitas serta layanan medis, makin rendah umur harapan hidup. Dalam hal umur, pikiran medis bukan hanya menerima keadaan, melainkan memilih keadaan.

Tubuh semua cucu Adam punya gen yang sama. Potensi biologis kita semua sama. Kalau potensi biologis semua orang sama, namun umur harapan hidupnya berbeda-beda, berarti betul intervensi medis yang ikut menentukan umur. Temuan medis menjadi terobosan besar bagi harapan hidup manusia. Penyakit yang dulu tak bisa ditolong medis, sekarang peluang itu hadir, sehingga risiko mati muda, premature death bisa dicegah.

Tubuh manusia diprogram mampu mencapai 120 tahun. Temuan stem-cell, obat baru, peralatan medis dan teknik bedah mutakhir, perkembangan ilmu menua Gerontology, serta ilmu penyakit menua Geriatric yang luar biasa pesat, memungkinkan manusia mengulur umurnya. Yang dulunya berisiko kematian, kini terselamatkan. Secara komprehensif kemampuan medis sekarang ditambah gaya hidup lebih sehat, memungkinkan manusia terhindar dari risiko kematian yang tidak perlu terjadi, sehingga umur terulur lebih panjang.

Ini buku yang lengkap dan bijaksana untuk panduan hidup panjang umur, sehat, dan bahagia. Sebagai Guru Meditasi Kesehatan dan Ketenangan, saya sangat merekomendasikan buku Semua Bisa Panjang Umur, karya Dr. Handrawan Nadesul. Buku ini memberikan panduan yang komprehensif tentang cara merawat tubuh secara medis, sambil menekankan keseimbangan antara tubuh dan pikiran. Dengan pendekatan holistik yang mencakup diet, aktivitas fisik, manajemen stres, dan meditasi, buku ini menawarkan panduan praktis untuk hidup sehat dan bahagia. Dr. Handrawan Nadesul dengan bijak menggabungkan Ilmu Kedokteran modern dengan kebijaksanaan tradisional, menjadikan buku ini bacaan wajib bagi siapa saja yang ingin mencapai umur panjang dengan kualitas hidup optimal.
— Merta Ada, Guru Meditasi Kesehatan dan Ketenangan Bali Usada

Supaya panjang umur, di mata medis, kita perlu sehat. Sehat menurut WHO mencakup badan, jiwa, sosial, selain spiritual. Dokter menguasai ilmu bagaimana menyehatkan badan, selain jiwa, sosial, dan kehidupan spiritualitas. Buku ini mengupas lebih banyak, bagaimana memanfaatkan spiritualitas untuk lebih menye­hatkan, selain membagikan kiat, bagaimana menjadi sehat seutuhnya. Sehat sebagai modal supaya umur terulur lebih panjang, dengan memberikan cara bagaimana merawat setiap organ tubuh, menyehatkan jiwa dan sosial, serta meningkatkan spiritualitas yang senantiasa naik kelas.
Melihat banyaknya temuan ilmu menua, di mata medis, keinginan mengulur umur bukan isapan jempol. Buku ini menjanjikan bahwa sesungguhnya memungkinkan kita bisa panjang umur. Anda sendiri bisa melakukannya.
— Dr Robert Imam Sutedja, Hospital Expo Indonesia