SEGERA TERBIT : DESUKARNOISASI PANCASILA: KRITIK SEJARAH DAN FILSAFAT PANCASILA ERA ORDE BARU

Judul Buku: DESUKARNOISASI PANCASILA: KRITIK SEJARAH DAN FILSAFAT PANCASILA ERA ORDE BARU

Penulis: Syaiful Arif
Ukuran Buku: 15 cm x 23 cm, 464 halaman 

SINOPSIS:
BUKU karya Syaiful Arif ini telah membongkar proses peng­hapusan Sukarno dari Pancasila, atau desukarnoisasi Pancasila selama Orde Baru. Ia membongkar berbagai studi sejarah dan filsafat Pancasila oleh para intelektual Orde Baru yang menghapus, baik peran historis Sukarno sebagai satu-satunya pengusul Pancasila pada 1 Juni 1945, maupun pemikiran Sukarno dalam pengetahuan dan pendidikan Pancasila. Menurut Arif, desukarnoisasi yang terjadi sejak Orde Baru itu masih berdampak hingga sekarang. Dampak itu berbentuk pemahaman terhadap Pancasila yang bersifat normatif-legalistik, tanpa pengetahuan tentang konsepsi filosofis Pancasila yang bersifat progresif, yang sejak awal disusun Sukarno.

“Dalam buku karya Saudara Syaiful Arif ini, dijelaskan secara rinci proses rekayasa Pancasila itu, terutama dalam konteks Desukarnoisasi (menghilangkan peran Sukarno dalam sejarah).”
Asvi Warman Adam, Profesor Riset di Badan Riset dan Inovasi Nasional

“Buku ini menjadi manuskrip penting untuk kembali menjadikan Pancasila sebagai leitstar atau bintang penuntun arah kehidupan bernegara, maupun statis table atau unsur-unsur perekat bagi persatuan seluruh rakyat Indonesia dalam keragamannya.”
Airlangga Pribadi Kusman, Ph.D.,  Pengajar Departemen Politik FISIP Universitas Airlangga