Segera Terbit: SEJARAH FILSAFAT 2 Pergumulan Filsafat Medieval: Dari Skolatik sampai Sains

Judul : SEJARAH FILSAFAT 2 Pergumulan Filsafat Medieval: Dari Skolatik sampai Sains

Penulis : L.A.S. GUNAWAN SCJ

Ukuran: 14×21 cm

Tebal : 232 halaman

SINOPSIS:

 

Sejarah Filsafat: Alur Pergumulan Filsafat

 

Mungkin ada orang yang berpikir bahwa sejarah adalah ilmu yang siasia. Lebih parah, bila ada orang yang berpikir bahwa sejarah itu seperti dongeng tentang masa lampau. Kita akan mengatakan bahwa sekalipun sejarah seperti dongeng, tetapi dongeng yang sangat berpengaruh pada hidup orang zaman sekarang. Dalam hal ini, Presiden Soekarno mempunyai slogan “Jasmerah”: Jangan sekalipun melupakan sejarah. Di sinilah, makna studi sejarah mendapatkan makna pentingnya.

 

Studi tentang sejarah itu sangat penting. Peran pentingnya ditegaskan oleh ungkapan Perancis: “L’histoire se répete”. Artinya, “sejarah akan mengulangi dirinya”. Dalam perjalanan waktu, sejarah itu akan terulang; barangkali perjalanan sejarah itu seperti siklus yang perlu kita ketahui hakikat dan kebenarannya. Dalam kaitannya dengan ini, studi sejarah filsafat berarti studi tentang kebijaksanaan yang telah dipikirkan secara kritis oleh para filsuf di masa lampau agar kita berpikir dan bersikap bijaksana dalam menghayati kenyataan dunia yang aktual dan faktual.

 

Buku Sejarah Filsafat II ini merupakan alur pemikiran filsafat dari filsuf skolastik pertama sampai dengan para pelopor sains. Bersama dengan buku ini kita akan bergumul dengan pemikiran para filsuf. Apa yang dipikirkan oleh para filsuf dalam lintasan sejarah filsafat? Mengapa para filsuf mempersoalkan suatu tema pada periode tertentu? Bagaimana para filsuf merumuskan pemikiran kritisnya dalam masing-masing periode dalam lintasan sejarah pemikiran filsafat? Itulah pergumulan para filsuf dalam merumuskan kebenaran dan kebijaksanaan pada zamannya.