Segera Terbit: DARI PANDEMI MENUJU PEMULIHAN EKONOMI

Judul : DARI PANDEMI MENUJU PEMULIHAN EKONOMI

Editor : Ni Wayan Giri Adnyani

Penulis : Try Harijono, Mukhamad Kurniawan

Ukuran : 15 x 23cm

Halaman : 272 halaman

 

Sinopsis:

Vaksinasi menjadi titik awal perlindungan terhadap masyarakat di Indonesia. Pemerintah mentargetkan, pada 15 bulan pertama ada 181,5 juta warga atau lebih dari separuh penduduk Indonesia yang divaksin untuk menciptakan kekebalan komunal. Angka ini diperoleh dari jumlah warga berusia di atas 18 tahun, yakni sekitar 188 juta orang, 

Pemulihan penuh pada akhir tahun 2024 didorong oleh pelepasan sisa permintaan yang terpendam, peningkatan konektivitas udara, serta pemulihan pasar dan destinasi Asia yang lebih kuat. Berdasarkan Barometer Pariwisata Dunia UN-Tourism, kinerja sektor ini di Asia Pasifik pada tahun 2023 mencapai 65 persen dari tingkat sebelum pandemi, sejalan dengan dibukanya kembali beberapa pasar dan destinasi. 

Guna memulihkan industri pariwisata di Tanah Air, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif juga menekankan pada model wisata berkelanjutan. Konsep ini bertumpu pada pilar pengelolaan berkelanjutan serta keberlanjutan sosial ekonomi, budaya, dan lingkungan. Selain tak berfokus pada kuantitas, kualitas pariwisata dikejar dengan mendorong durasi kunjungan wisatawan yang lebih lama.

Kehadiran buku ini, selain sebagai dokumentasi dan sejarah perjuangan industri pariwisata Indonesia, diharapkan memberikan kesadaran bagi semua pihak yang terkait dalam mengembangkan pariwisata untuk memacu pertumbuhan. Ekonomi daerah, mulai tumbuh di sebagian besar masyarakat dan pemerintah daerah dengan dimotori Kementerian Pariwisata. Pandemi Covid-19 memang sempat memporak-porandakan pariwisata Tanah Air, namun dengan tekad kuat serta upaya yang sungguh-sungguh maka pengembangan pariwisata akan lebih baik lagi di masa yang akan datang.