Segera Terbit: Dari Vatikan ke Indonesia, Jejak Kunjungan Paus Di Indonesia

Judul: Dari Vatikan ke Indonesia, Jejak Kunjungan Paus Di Indonesia

Penyusun: Martinus Danang Pratama Wicaksana (Kumpulan Arsip Kompas)

Ukuran: 14 x 21 cm

Halaman: 143 halaman

 

SINOPSIS:

Kedatangan Paus sebagai pemimpin tertinggi agama Katolik sekaligus kepala negara Vatikan, momen sejarah yang penting bagi semua negara. Kedatangan paus ke Indonesia tidak hanya sebagai langkah untuk memperkuat diplomasi antar kedua negara. Namun juga sebagai bentuk toleransi antar umat beragama.

Sebelum kedatangan Paus Fransiskus yang hadir di Indonesia pada 3-6 September 2024, sudah ada dua Paus yang pernah menginjakkan kakinya di bumi Nusantara. Paus Paulus VI pada 3-4 Desember 1970 dan Paus Yohanes Paulus II pada 9-14 Oktober 1989. Kedua Paus tersebut memberikan kesan mendalam pada keanekaragaman budaya dan agama di Indonesia, namun tetap mengedepankan sikap toleransi.

Harian Kompas, mencatat semua peristiwa kedatangan para Sri Paus tersebut ke Indonesia mulai dari mendarat di Jakarta, perjalanan berkeliling Indonesia, hingga bertemu dengan ratusan umat Katolik. Melalui arsip harian Kompas inilah kita bisa melihat momen-momen bersejarah yang takkan terulang dan yang sangat dirindukan ini.