Segera Terbit: Sambung Pemikiran Politik Pajak Sumitro Djojohadikusumo & Politik Hukum Pajak Transformatif Edi Slamet Irianto: Mewujudkan Indonesia Maju dan Sejahtera

Judul: Sambung Pemikiran Politik Pajak Sumitro Djojohadikusumo & Politik Hukum Pajak Transformatif Edi Slamet Irianto: Mewujudkan Indonesia Maju dan Sejahtera

Penulis: Prof. Dr. Dra. Haula Rosdiana, M.Si, CiRR

Ukuran Buku: 17,5 x 25,5 cm, 216 halaman

SINOPSIS:

Buku ini menyajikan gagasan penting politik pajak Prof. Dr. Sumitro Djojohadikusumo. Lewat publikasinya pada tahun 1955, Sumitro menoreh­kan pemikirannya tentang politik pajak untuk kesejahteraan rakyat melalui pembangunan ekonomi yang mendorong proses perubahan struktural. Gagasan ini kemudian dilanjutkan oleh Prof. Dr. Edi Slamet Irianto, M.Si., M.H., (ChFA)-AAFM, CRMP-AAMP melalui Politik Hukum Pajak Transformatif untuk mendorong mobilitas penduduk kelas bawah menjadi kelas menengah, dan kelas menengah menjadi kelas atas, tanpa menyebabkan yang kelas atas turun peringkat. 

Prof. Dr. Sumitro Djojohadikusumo adalah tokoh utama dalam pem­ba­ngunan ekonomi modern Indonesia. “Begawan Ekonomi” dan “Bapak Ekonomi Pembangunan” ini, menempuh pendidikan di Universitas Leiden, Belanda, dan meraih gelar Doktor di bidang ekonomi pada usia yang sangat muda (26 tahun). Ia juga menjabat sebagai Menteri Perdagangan dan Industri (1950-1951) serta Menteri Keuangan (1952-1953, 1957-1958). Melalui jabatan tersebut, Sumitro berperan penting dalam menstabilkan ekonomi pasca kemerdekaan.

Di era Orde Baru, Sumitro menjadi Menteri Riset Nasional (1968-1973) dan merancang kebijakan ekonomi yang berfokus pada industrialisasi dan reformasi berkelanjutan. Sumitro Plan dan Program Benteng adalah salah satu inisiatifnya dalam memberdayakan pengusaha pribumi. Ia juga mendirikan Lembaga Ekonomi dan Kemasyarakatan Nasional (LEKNAS), yang kini dikenal sebagai LIPI, untuk penelitian ekonomi.

Sumitro meninggalkan warisan besar dalam pembangunan nasional. Ia dikenang sebagai seorang visioner yang berdedikasi dalam memajukan bangsa melalui kebijakan yang berdampak luas. Sebagai arsitek ekonomi modern, Sumitro Djojohadikusumo menorehkan namanya dalam sejarah sebagai salah satu tokoh paling berpengaruh yang pernah dimiliki Indonesia. Pemikirannya tentang politik pajak sangat fundamental dan menjadi inspirasi-filosofis dalam melakukan transformasi sistem perpajakan. Dalam mewujudkan Indonesia yang maju dan sejahtera, dibutuhkan ketahanan penerimaan negara yang kuat dan berkelanjutan. Warisan ilmu, pemikiran, dan gagasan Prof. Dr. Sumitro Djojohadikusumo merupakan legasi yang akan terus  menginspirasi generasi penerus dalam membangun Indonesia yang maju dan sejahtera.