SEGERA TERBIT: Merawat Matahari: Biografi Aktivisme Muhadjir Effendy

Judul: Merawat Matahari: Biografi Aktivisme Muhadjir Effendy

Penulis: Nasrullah, Pradana Boy ZTF

Ukuran Buku: 15 x 23 cm, 296 halaman

SINOPSIS:

Publik mungkin lebih banyak mengenal sosok Muhadjir Effendy sebagai rektor sebuah perguruan tinggi swasta ternama, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Atau, sebagai pengurus Muhammadiyah di tingkat Wilayah Jawa Timur maupun Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Jika ada sisi lain yang diketahui publik tentang Muhadjir, umumnya berkaitan dengan kepakarannya dalam bidang pendidikan, kemiliteran, dan isu-isu pertahanan.

Namun, sesungguhnya Muhadjir bukan sekadar seorang rektor, intelektual atau aktivis Muhammadiyah. Tak banyak yang tahu bahwa sebagai rektor, Muhadjir memiliki gaya kepemimpinan yang unik, keberanian tak lazim, dan instinct yang tak biasa. Buku ini tidak sekadar mengungkap Muhadjir Effendy sebagai seorang Guru Besar Sosiologi Pendidikan yang berhasil meneruskan kepemimpinan Abdul Malik Fadjar, baik sebagai rektor UMM maupun Ketua PP Muhammadiyah. Bukan pula sekadar sebuah biografi. Buku ini adalah biografi aktivisme seorang yang sepanjang hidupnya bertarung untuk “merawat Matahari”.

“Merawat matahari” adalah sebuah kiasan yang memancarkan banyak makna. Sedemikian lama Muhadjir melibatkan diri dalam merawat organisasi berlambang matahari ini, dalam segala dimensinya. Matahari dalam makna kiasannya yang paling umum adalah “kehidupan” dan “harapan”. Mengabdikan diri dalam dunia pendidikan untuk masa yang sekian lama, pada dasarnya Muhadjir telah merawat matahari harapan bagi generasi muda, pelangsung kehidupan Muhammadiyah, Islam, Indonesia, dan kemanusiaan.