Segera terbit: Mimpi Tentang Indonesia 2

Judul Buku : Mimpi Tentang Indonesia 2
Penulis : Budiman Tanuredjo
Ukuran : 15cm x 23 cm
Tebal : 256 hlm

Buku Mimpi tentang Indonesia ini mencoba menggali mimpi anak bangsa atau Indonesian dreams, khususnya untuk menyambut 100 tahun Republik pada 17 Agustus 2045. Mulanya, adalah obrolan di kanal YouTube “Back To BDM” Harian Kompas bersama “tamu” dari berbagai latar belakang profesi. Dari obrolan dengan format video dan audio, kemudian melalui buku ini menjadi “obrolan” dalam bentuk teks.
Isi obrolan itu berkisar problematika bangsa serta juga pemikiran sang tamu terhadap sebuah isu. Kendati latar belakang maupun sikap politik tokoh—tokoh itu beragam, ada empat isu sentral yang membangun benang merah “obrolan”, yakni diskusi mengenai problem mendasar bangsa, imajinasi atau mimpi tentang Indonesia di tahun 2045, serta tokoh pemimpin idola dan negara ideal versi narasumber.
Penggalian soal identifikasi masalah bang­sa menjadi penting untuk menjawab pertanyaan mengapa bangsa ini sering disebut orang begini-begini saja. Mengobrolkan mimpi dan mengetahui masalah bangsa, harus terus dikerjakan guna merumuskan mimpi hakiki dan masalah hakiki sebuah bangsa.
Karya jurnalisme ini masih perlu di­lan­jutkan untuk menemukan “kesim­pulan” mim­pi individu menjadi mimpi bersama. Menemukan akar masalah bangsa men­jadi kesimpulan bersama bangsa.