SEGERA TERBIT : Suara Desa Untuk Pemimpin: Percik Pikiran dan Aksi Seorang Mantan Menteri

Judul : Suara Desa Untuk Pemimpin: Percik Pikiran dan Aksi Seorang Mantan Menteri

Penulis : A. Halim Iskandar

Ukuran : 15 x 23 cm, 282 halaman

SINOPSIS:
Desa mementukan sebagian besar kemajuan Indonesia. Sebaliknya, desa dapat berpengaruh negatif bagi perjalanna Indonesia, manakala tidak diperlakukan secara tepat dan benar.

Asal usul 75.625 desa seluruh Indonesia begitu beragam. Eksistensi desa dalam segala dinamika, kemampuan desa menghadapi beragam masalah sosial ekonomi dan hukum, bahkan disrupsi, tidak lain karena kemampuan desa mengelola diri, merespon yang dihadapi, dengan berbasis sosial budaya, potensi alam, dan kearifan lokal desa lainnya. Karena itu, dalam konteks kebijakan sebagai solusi, data-data lapangan mesti menjadi basis perumusan kebijakan penyelesaian permasalahan desa, daerah tertinggal dan transmigrasi.

Buku ini sewajah catatan harian seorang Menteri. Data dari lapangan, aspirasi dan keluh kesah orang desa, hingga refleksi atas kondisi nyata desa, daerah tertinggal dan kawasan transmigrasi. Data lapangan ditebalkan sebagai basis penyusunan kebijakan aplikatif yang mudah dijalankan desa sesuai kewenangan desa. Data lapangan yang akurat dan faktual, di konsolidasi atau di validasi di lapangan, diolah dengan instrument teknologi dan orang lintas perspektif, dirumuskan menjadi kebijakan, lalu dilaksanakan, dan langsung dapat dituai hasil dan dampaknya.

Sebagai catatan seorang mantan Menteri, buku ini menunjukkan arah pembangunan dari desa. Termasuk porsi kontributif desa dalam percepatan pencapaian tujuan pembangunan nasional berkelanjutan. Percaya Desa, Desa Bisa.