SEGERA TERBIT : Tinjauan Pekerjaan dan Keahlian Masa Depan: Bagaimana Teknologi Membentuk Dunia Kerja Indonesia?

Judul : Tinjauan Pekerjaan dan Keahlian Masa Depan: Bagaimana Teknologi Membentuk Dunia Kerja Indonesia?

Penulis : M.B. Dewi Pancawati, Yohanes Advent Krisdamarjati, Agustina Purwanti, Adi Fakhri Nugrotomo

Ukuran Buku : 15 x 23 cm, 192 halaman

SINOPSIS:
Perkembangan teknologi dalam gelombang Revolusi Industri 4.0 berdampak nyata pada terbentuknya lanskap baru dunia kerja di Indonesia. Arah gelombang perubahan dan pergeseran ragam profesi di masa mendatang terpetakan secara komprehensif melalui survei nasional bertajuk Future of Work 2024 dari Direktorat Mitras DUDI (Dunia Usaha dan Dunia Industri) Kementerian Pendidikan Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Gambaran perubahan lanskap lapangan pekerjaan lima tahun mendatang yang terproyeksikan dari survei Future of Work 2024 didorong oleh lima komponen, yakni tren pendorong transformasi, tren adopsi teknologi, dinamika perusahaan, keterampilan yang dibutuhkan, dan kondisi ketenagakerjaan. Masing-masing komponen tersebut bermuara apakah suatu profesi akan tetap eksis, hilang, atau memunculkan profesi yang sama sekali baru.

Buku ini hadir sebagai upaya memberi rambu-rambu akan arah perubahan kebutuhan tenaga kerja dunia usaha dan dunia industri. Rambu yang menjadi pemandu bagi insan muda yang hendak memasuki dunia kerja untuk mempersiapkan diri maupun bagi pelaku usaha dan bisnis untuk berdinamika sesuai dengan gelombang perubahan yang sedang berlangsung.