Buku Baru – Agustus 2021

Buku-buku yang terlampir dalam tulisan ini sudah bisa didapatkan di Gerai Kompas, kanal resmi lokapasar Harian Kompas, dan toko buku Gramedia terdekat.

Agama, Filsafat, Modernitas – Franz Magnis-Suseno

TULISAN-TULISAN buku ini lahir dari keprihatinan, bagaimana bangsa Indonesia dapat mempertahankan harkat kemanusiaannya berhadapan dengan tantangan tak terelakkan modernitas.

Buku ini terbagi atas empat bagian.  Bagian pertama mempertanyakan bagaimana agama di abad ke21 ini dapat tetap bermutu dan bermartabat. Dalam bagian kedua, diangkat beberapa hal yang kalau kita tidak berani menyikapinya dengan benar, harkat kemanusiaan kita akan tenggelam, di antaranya sikap terhadap LGBT, hukuman mati, serta masa gelap pasca-G30S (1965). Fokus tulisan bagian ketiga adalah pendidikan karakter, syarat agar bangsa Indonesia tidak tenggelam di masa Revolusi Industri 4.0. Bagian keempat berfokus pada filsafat. Filsafat memainkan peranan penting dalam alam akademis suatu bangsa dan harus demikian di Indonesia. Filsafat bukannya tidak mempunyai keyakinan-keyakinan yang tidak dapat ditawar-tawar, tetapi secara prinsip terbuka pada diskursus dan argumentasi rasional.

Buku ini berdasarkan keyakinan penulis bahwa hanya dengan terus-menerus memperdalam diskursus tentang tantangantantangan yang kita hadapi, kita bisa membangun masa depan yang bermartabat.

Dunia Saham Tak Seindah di Media Sosial – Joice Tauris Santi, CFP

Pasar modal semakin mudah diakses dan menarik minat berbagai kalangan, termasuk anak-anak muda. Buku ini menyajikan panduan bagi para investor yang baru masuk ke pasar modal. Idealnya, sebelum masuk ke pasar modal, para investor muda membekali diri dengan persiapan, seperti pengetahuan dasar tentang pasar modal. Di buku ini, pembaca tidak hanya dapat memperoleh pengetahuan dasar bagaimana berinvestasi, tetapi juga tipstips berinvestasi pada saham. Selain itu ada pula petunjuk mengenai apa yang sebaiknya tidak dilakukan di pasar modal. Berinvestasi di pasar modal, idealnya merupakan sesuatu yang sederhana, tetapi dapat memberikan keuntungan bagi para investor, termasuk investor pemula. Tips dan panduan yang ada di buku ini merupakan tips sederhana dan disajikan dengan bahasa sederhana pula, tetapi diharapkan dapat menjadi materi yang mudah dipahami dan dipraktikkan ketika berinvestasi.

Langsing & Sehat dengan Sport Therapy – dr. Michael Triangto, Sp. KO.

Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas, 2018) Kemenkes RI diperoleh data, penderita kelebihan berat badan dan obesitas di Indonesia sejak tahun 2007, 2013, 2018, angka kejadiannya terus meningkat. Hal ini menandakan, masa depan generasi muda terancam dengan berbagai macam penyakit tak menular. Oleh karena itu, masyarakat, khususnya para orang tua, perlu mengetahui segala sesuatu yang berkaitan dengan masalah berat badan. Tujuannya, agar dapat mengubah pola penanganan berat badan yang selama ini tidak optimal dengan program yang bersifat holistik. Dalam buku ini juga akan dijawab berbagai permasalahan berat badan secara mudah dan jelas.

Pembaca memahami berbagai mitos yang berkembang selama ini, salah persepsi, kesalahan cara berolahraga, dan hoax yang berdampak program penurunan berat badan menjadi gagal. Selain itu, pembahasan yang akan dipaparkan pada buku ini adalah penggunaan sports therapy. Jenis olahraga yang ditujukan untuk kesehatan dalam menurunkan berat badan, tetapi tetap memberikan keleluasaan pada para penderita untuk tetap dapat menikmati makanan kegemarannya. Hal ini alasannya karena pembakaran kalori berlebih tersebut akan teratasi dengan melakukan sports therapy, yaitu tanpa perlu melakukan olahraga berat. Juga tanpa menggunakan obat-obatan yang biasa dipergunakan untuk membantu proses penurunan berat badan. Dengan demikian, program yang dilakukan akan jauh lebih mudah, aman, nyaman, dan mampu menurunkan berat badan secara mandiri dan jangka waktu yang lama.

Krisis Tata Kelola Pendidikan Indonesia – Teguh Triwiyanto

Krisis tata kelola pendidikan Indonesia memberikan tanda untuk perbaikan di masa mendatang. Krisis tata kelola pendidikan Indonesia merupakan tanda bagaimana negara kurang memperhatikan penggunaan sumber daya secara efektif, kurang terjadi pemeliharaan efisiensi dan efektivitas dari tata kelola organisasi negara yang ada di bidang pendidikan. Buku ini memberikan pemahaman tentang krisis tata kelola pendidikan dari waktu ke waktu. Indikator krisis dapat ditemui pada: krisis tata kelola kurikulum yang memadai, krisis tata kelola untuk siswa yang sejahtera dan bahagia, krisis tata kelola guru yang profesional, serta krisis transparansi, partisipasi, dan akuntabilitas tata kelola anggaran pendidikan. Agenda reformasi tata kelola pendidikan dilakukan dengan diarahkan untuk mencapai akuntabilitas pendidikan, yang dapat dicapai melalui prosedur perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian yang baik.

Talang Emas Hilir Migas – Azis Husaini & Nur Iskandar

Sebagai Kepala BPH Migas, Fanshurullah Asa menunjukkan dedikasi serta semangatnya yang tinggi dalam mengabdikan diri terhadap bangsa dan negara. Tidak heran, karena pendidikan di Lemhanas membentuk setiap pribadi sadar akan keutuhan dan ketahanan nasional bangsanya. Oleh karena itu ketika memegang amanah selaku Kepala BPH Migas, dikelolanya dengan manajemen yang terbaik. Diterapkannya disiplin ilmu yang dikuasainya dengan profesional, yakni Manajemen Mutu Terpadu. ~ H Muhammad Jusuf Kalla

Energi untuk Kemandirian – M . Fanshurullah Asa

M. Fanshurullah Asa memiliki visi jauh ke depan untuk melakukan transformasi yang signikan di BPH Migas. Pada tataran kelembagaan, BPH Migas telah meraih sertikasi ISO 37001:2016 Sistem Manajemen Anti Penyuapan dari Badan Sertifikasi Internasional. Sebelumnya, BPH Migas mendapat sertifikasi ISO 9001:2015 tentang Manajemen Mutu dan ISO 14001:2015 tentang Manajemen Lingkungan, OHSAS 18001:2007 tentang Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja.

Berbagai transformasi ini akan membuat BPH Migas mendatang makin kuat menjalankantugasnya sebagai lembaga regulator, supervisi dan dispute resolution body. Beberapa peran yang bisa dilakukan adalah memperluas pengaturan hilir migas di luar BBM dan LPG seperti LNG dan CNG, pengolahan, pengangkutan, dan pemanfaatan fasilitas penyimpanan bersama.

Indonesia Menuju 2045: SDM Unggul dan Teknologi adalah Kunci -LEMHANNAS RI

Buku pertama dari tiga buku Menuju Indonesia 2045 ini adalah hasil kajian Lemhannas yang berfokus pada aspek SDM dan teknologi untuk merealisasikan visi seabad Indonesia merdeka. Untuk menjadi negara maju, kita perlu belajar dari negara lain yang sudah maju dengan latar belakang ideologi, kultur, agama, dan ras yang berbeda. Indonesia mesti membandingkan dan mempelajari solusi, terobosan, dan lompatan mereka. Dengan waktu singkat dan hasil efektif, mereka tampil sebagai negara makmur dan sejahtera.

Indonesia Menuju 2045: Mencapai Kemajuan Ekonomi Berbasis Inovasi dan Ilmu Pengetahuan – CSIS

Buku kedua dari tiga buku Menuju Indonesia 2045 ini adalah catatan kritis dari CSIS, terkait upaya Indonesia mencapai kemajuan ekonomi berbasis inovasi dan ilmu pengetahuan. Berlatar ekonomi, sosial, dan politik, buku ini menganalisis upaya pemerintah dalam mewujudkan Visi Indonesia 2045, khususnya di bidang riset dan teknologi.

Indonesia Menuju 2045: Catatan Kompas Wacana Menuju Sejahtera Bersama – Kompas

Buku ketiga dari tiga buku Menuju Indonesia 2045 ini adalah catatan jurnalistik wartawan dan peneliti Kompas dalam usaha menyalakan optimisme bangsa menyongsong seabad Indonesia merdeka. Warnanya begitu pelangi untuk melukiskan kompleksitas persoalan dan tantangan yang dihadapi, sekaligus memberikan gambaran masa depan Indonesia, yang diyakini akan menjadi negara besar dan rakyatnya pun sejahtera.