Segera Terbit: To Be A Better Being

Ketulian karena usia lanjut merupakan proses alami yang dapat dialami setiap orang. Oleh sebab itu, janganlah ragu menggunakan alat bantu dengar. Dengan alat bantu tersebut, lansia tidak akan terisolasi karena dapat berkomunikasi dengan baik, sehingga kualitas hidupnya tetap terjaga. Perlu dipilih alat bantu dengar yang baik dari tempat yang juga melayani purna-jual alat.

Pemeriksaan pendengaran dan telinga baiknya dilakukan rutin 6 bulan sampai setahun sekali, terutama pada bayi, anak-anak, orang lanjut usia, mereka yang mengonsumsi obat-obatan jangka panjang, mereka mempunyai riwayat keluar cairan dari telinga, atau yang bekerja di tempat yang terpapar bising.

Jangan mengorek atau menusuk telinga dengan cara apa pun, terlebih dengan menggunakan benda yang tajam. Jangan menetesi telinga dengan berbagai obat tanpa konsultasi kepada dokter. Jangan pula menganggap remeh jika ada gejala pada telinga, seperti nyeri telinga, keluar cairan dari telinga, telinga berdenging, rasa penuh yang lama, atau kesulitan mendengar.

To Be A Better Being: Mendengar Lebih Baik
Penulis: Komnas PGPKT. Damayanti Soetjipto, Nies Endang, Indra Zachreini, Helen Marie Yuliana Nazaruddin, et. al.
Ukuran: 15 x 23 cm
Tebal: 312 halaman
Rencana terbit: Oktober 2022