Segera Terbit: Bunga Rampai Pemberian Hak Atas Tanah di Perairan Laut

NKRI sebagai negara kepulauan telah ditegaskan pula dalam Pasal 25A amandemen Undang-Undang Dasar Tahun 1945. Penegasan NKRI sebagai negara kepulauan dalam undang-undang dasar negara, harus dipedomani secara konsekuen dalam setiap pembentukan peraturan perundangan di bawahnya, sehingga tujuan NKRI sebagai negara kepulauan akan nyata dapat diwujudkan dalam berbagai kebijakan pemerintah dan aspek kehidupan bernegara.

Sesuai amanat Pasal 14 UU 32 Tahun 2014, prinsip blue economy dalam pemanfaatan dan pengusahaan sumberdaya kelautan juga harus kita terapkan guna menjamin kesehatan laut, keberlanjutan, dan pemerataan hasil-hasil pengelolaan sumberdaya kelautan yang meliputi perikanan, energi dan sumber daya mineral, sumber daya pesisir dan pulau-pulau kecil, sumberdaya nonkonvensional, industri kelautan, wisata bahari, perhubungan laut, dan bangunan laut.

Pemerintah melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan telah menetapkan PP Nomor 32 Tahun 2019 tentang Rencana Tata Ruang Laut di Wilayah Perairan dan Wilayah Yurisdiksi.

Rencana ini mempunyai peran dan fungsi yang sangat strategis sebagai landasan hukum bagi perencanaan tata ruang laut yang lebih rinci, seperti rencana zonasi kawasan antarwilayah di teluk, selat, atau laut; rencana tata ruang di perairan laut kawasan strategis nasional; dan rencana tata ruang wilayah provinsi di perairan pesisir.

Kehadiran buku ini diharapkan dapat memberikan pandangan yang luas dari berbagai sudut pandang kepakaran kepada kita dalam menyikapi persoalan penguasaan perairan laut oleh individu atau kelompok. Kita sebarkan wawasan nusantara guna mewujudkan laut sehat, produktif, dan berkelanjutan, masyarakat sejahtera dalam wadah negara kepulauan yang mandiri dan berdaulat.

Bunga Rampai Pemberian Hak Atas Tanah di Perairan Laut: Penyimpangan Yuridis Terhadap United Nations Convention on The Law of The Sea (UNCLOS) 1982 dan Putusan Mahkamah Konstitusi
Tim Penulis: Ir. Suharyanto, M.Sc., Ir. Dyah Erowati, M.Sc., Dr. Maret Priyanta, S.H., M.H., Dr. Rina Yulianti, S.H., M.H., Muhandis Sidqi, S.Pi., M.Si., dkk
Editor: Wiko Rahardjo
Ukuran: 14 x 21 cm
Tebal: 248 halaman full colour
ISBN: dalam proses
Rencana terbit: Desember 2022