Segera Terbit: Digital GRC Terintegrasi

Governance, Risk, dan Compliance (GRC) terintegrasi merupakan konsep terpadu yang menerapkan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan serta manajemen risiko dan  kepatuhan terhadap regulasi dan hukum secara terpadu. Perusahaan yang telah menerapkan GRC terintegrasi akan dapat menciptakan dan meningkatkan nilai perusahaan secara terus-menerus sehingga perusahaan dapat tumbuh dan berkembang secara berkesinambungan. Kegiatan ketiga fungsi bidang ini saling terkait sehingga perlu diintegrasikan dan diselaraskan guna mencegah terjadinya konflik internal, menghindari tumpang tindih pekerjaan dan tanggung jawab, serta melakukan sinkronisasi agar menjadi efektif dan efisien.

Tata kelola perusahaan adalah proses di mana suatu perusahaan membela kepentingan  stakeholder yang mencakup anggota dewan, eksekutif perusahaan, karyawan, pemegang saham, pemasok, pelanggan, dan komunitas di mana perusahaan beroperasi. Manajemen risiko fokus kepada proses risiko, yaitu proses identifikasi, analisis, evaluasi  dan perlakuan terhadap risiko yang dapat mempengaruhi pencapaian sasaran dan tujuan perusahaan yang tercantum dalam Rencana Kerja Anggaran Perusahaan  (RKAP) dan Rencana Jangka Panjang Perusahaan (RJPP). Kepatuhan perusahaan fokus untuk memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh peraturan dan perundang-undangan yang berlaku dalam menjalankan kebijakan dan proses bisnis perusahaan.

Pengawasan ketat terhadap implementasi governance (tata kelola) oleh regulator membuat kontrol internal perusahaan menjadi lebih baik, terutama terhadap anak perusahaan dan grup. Perusahaan harus mempercepat upaya untuk mengatasi kelemahan governance (tata kelola) secara komprehensif dan menyeluruh dengan menerapkan akuntabilitas dan melakukan koordinasi terhadap fungsi kontrol serta mengefektifkan penerapan GRC terintegrasi.

Penerapan GRC terintegrasi menggunakan teknologi digital agar dapat memberikan solusi yang cepat, tepat, aman, dan  murah seperti Robotic Process Automation (RPA), Big Data, Artificial Intelligence (AI), Machine Learning (ML), serta Blockchain untuk membawa peningkatan efisiensi dan efektivitas proses bisnis perusahaan.

 

Digital GRC Terintegrasi: Strategi Penerapan GRC Korporat Terintegrasi Menggunakan Teknologi Digital
Penulis:
Dr. Embun Prowanta
Ukuran: 15 x 23 cm
Tebal: 208 halaman
ISBN: dalam proses
Rencana terbit: Januari 2023