Peta Jalan Indonesia Emas 2045: Membangun Masa Depan Indonesia, Mulai Hari Ini

 

15 x 23 cm

240 hlm

Penulis: Eka Sastra dan Tim Kadin

 

SINOPSIS:

Di tahun 2045, saat bangsa ini menggapai satu abad atau 100 tahun, ada banyak harapan bersemi di sanubari semua anak bangsa. Banyak lembaga riset yang memprediksi Indonesia akan menjadi mercusuar dunia. Banyak yang memperkirakan Indonesia akan menjadi negeri yang “selalu dipuja-puja bangsa.”

Namun, semua prediksi itu akan kehilangan makna jika kita hanya tenggelam dalam segala puja dan puji, tanpa mengeluarkan ikhtiar terbaik untuk maju.

Di titik ini, kita membutuhkan satu peta jalan (roadmap) yang berfungsi sebagai kompas untuk menemukan arah gerak yang dituju. Buku ini adalah ikhtiar dari Kamar Dagang dan Industri (KADIN) untuk memberi kontribusi dengan menyediakan peta jalan ke arah bangsa maju dan sejahtera di tahun 2045.

Tentu saja, buku ini bukanlah yang pertama. Namun yang membuat buku ini terasa istimewa adalah para pengusaha yang bergabung di bawah payung KADIN adalah mereka yang setiap hari bergerak di lapangan, dan bersentuhan langsung dengan kegiatan ekonomi.

Buku ini telah melalui proses yang panjang. Dimulai dari riset dan wawancara, hingga tahapan membuat sintesis gagasan-gagasan dan membuat rekomendasi. Buku ini menyajikan banyak harapan yang kemudian dirangkum menjadi peta jalan agar Indonesia bisa menggapai kemajuan.

Ide-ide dalam buku ini diharapkan bisa terus bergerak dan mengalami proses diseminasi sehingga diketahui semua anak bangsa. Kita berharap di tahun 2045, Indonesia menjadi negara terdepan, tangguh, dan maju. Kita ingin melihat Indonesia yang terus abadi dan bertahan melintasi berbagai zaman.

Persis seperti syair yang ditulis Chairil Anwar di awal kemerdekaan: “Aku ingin hidup seribu tahun lagi.”