Segera Terbit: IMAJINASI ISLAM Pikiran-Pikiran yang Membentuk Masa Depan 70 Tahun Prof. Dr. Komaruddin Hidayat

Judul : IMAJINASI ISLAM Pikiran-Pikiran yang Membentuk Masa Depan 70 Tahun Prof. Dr. Komaruddin Hidayat

Penulis : Ahmad Gaus AF

Ukuran : 15 x 23 cm

Tebal : 744 halaman

Buku ini disusun sebagai ‘Festschrift’ atau persembahan kepada Prof. Dr. Komaruddin Hidayat yang memasuki usia ke-70 tahun 2023 ini. Saat ini ia adalah Rektor Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII). Sebelumnya ia adalah Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta selama dua periode; 2006-2010 dan 2010-2015.

Kalangan terpelajar Muslim Indonesia yang mengenyam pendidikan di lembaga-lembaga pendidikan tinggi Islam pada dasawarsa 1980-an—hingga sekarang—niscaya tidak asing dengan nama Komaruddin Hidayat. Ia merupakan murid ideologis-intelektual terbaik dari para ulama dan intelektual Muslim pendahulunya seperti KH Hamam Dja’far (kiainya di Pesantren Pabelan), Buya Hamka, Harun Nasution, Nurcholish Madjid, M. Dawam Rahardjo, dll., untuk menyebut beberapa nama.

Komaruddin Hidayat adalah generasi penerus mereka yang paling menonjol. Ia sangat produktif dalam melahirkan karya-karya intelektual yang mewarnai diskursus kecendekiawanan dan keislaman di tanah air, terutama dalam empat dasawarsa terakhir.

Ahli filsafat dan sekaligus tokoh Pendidikan Islam Inklusif ini lahir di Magelang, Jawa Tengah, 18 Oktober 1953. Karya-karyanya dalam bentuk buku sudah dikenal luas dan dibaca oleh publik. Kolom-kolomnya di berbagai media massa menyasar beragam tema, dari soal agama hingga politik.

Kiprah dan kontribusi Komaruddin Hidayat dalam wacana intelektual, dunia dakwah dan pendidikan, sangat banyak dan tak ternilai. Para tokoh, kolega, dan akademisi memberi kado istimewa dengan menuliskan pikiran-pikiran mereka dalam buku ini yang dipersembahkan kepada beliau.