Segera Terbit: Karsa & Karya Demi Kemanusiaan Yayasan Kesehatan Telogorejo untuk Indonesia

Judul: Karsa & Karya Demi Kemanusiaan Yayasan Kesehatan Telogorejo untuk Indonesia

Penulis: Ravando

Ukuran: 14 x 21 cm

Halaman: 744 halaman

 

SINOPSIS:

Buku yang hadir di tangan pembaca merupakan rangkuman dari 98 tahun kisah perjalanan Rumah Sakit Telogorejo, yang sebelumnya dikenal dengan nama Polikliniek Tionghoa/Tiong Hoa Ie Wan (THIW). Tepat dua tahun lagi, rumah sakit ini akan memasuki usianya yang 100 tahun. Sebuah milestone yang tentu layak untuk dirayakan sekaligus juga dikenang.

Cikal-bakal dari RS Telogorejo bermula dari sebuah poliklinik kecil yang terletak di Gang Gambiran, Semarang. Diresmikan pertama kali pada 29 November 1925, tidak butuh waktu lama bagi Polikliniek Tionghoa untuk memperoleh dukungan dan kepercayaan masyarakat Semarang. Tujuan dari Polikliniek ini jelas: meringankan kesulitan penduduk di Semarang dengan memberikan pertolongan kesehatan secara gratis atau dengan biaya yang sangat murah. Spirit pelayanan ini pun kemudian termaktub dalam statuta THIW yang mana terus menjadi pegangan bagi para pengurus, sampai detik ini.

Kemunculan Polikliniek Tionghoa tersebut pun tidak hanya disambut dengan baik oleh segenap penduduk Semarang, namun juga menjadi inspirasi bagi para filantropi Tionghoa di belahan wilayah Indonesia lainnya untuk juga melakukan hal serupa. Oleh karenanya, kehadiran Polikliniek Tionghoa dianggap ibarat oase di tengah padang gurun, mengingat saat itu banyak penduduk Semarang yang lebih memilih menahan rasa sakit yang mereka derita, ketimbang harus berobat ke dokter. Faktor ekonomi jelas menjadi penghalang mereka bertemu dengan dokter.

Buku ini berupaya menyajikan seluruh rangkaian kisah RS Telogorejo di atas secara komprehensif dan kronologis. Berbekal ketekunan Ravando dalam mencari berbagai arsip di dalam maupun luar negeri, kepingan-kepingan puzzle dari perjalanan historis RS Telogorejo tersebut pun bisa dirangkai menjadi sebuah kesatuan. Melalui buku ini juga, teka-teki kapan berdirinya RS Telogorejo serta di mana lokasi awal dari Polikliniek Tionghoa, pun pada akhirnya bisa terjawab.