Segera Terbit : Ekspedisi Jala Citra 3-2023 Flores Ungkap Fitur Lantai Samudra serta Karakteristik Kolom Air Laut Flores Guna Keselamatan Pelayaran, Pertahanan, dan Pemba­ngunan Kelautan Berkelanjutan

Judul :

Ekspedisi Jala Citra 3-2023 Flores

Ungkap Fitur Lantai Samudra serta Karakteristik Kolom Air Laut Flores Guna Keselamatan Pelayaran, Pertahanan, dan Pemba­ngunan Kelautan Berkelanjutan 

Tim Penyusun:

Letkol Laut (P) Mustika Ari Wibowo Tetuko, S.T., M.Tr.Opsla.

Letkol Laut (E) Abdul Haris Syarifudin, S.T., M, Tr. Opsla.

Mayor Laut (KH) Ainun Pujo Wiryawan, S.T., M.T.

Mayor Laut (KH) Candrasa Surya Dharma S.Si., M.Si.

Ukuran : 15 x 23 cm

Halaman : 160 halaman

 

SINOPSIS:

Sebagai negara maritim, Indonesia memiliki daya tarik yang luar biasa dari segi kebumian dan kelautan. Tidak hanya bentang alam, tetapi juga interaksinya dengan atmosfer, terutama mengingat perairan Indonesia merupakan gerbang yang menghubungkan Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Fenomena kelautan dan atmosfer ini mengakibatkan limpahan zat yang menyuburkan laut. Perairan Indonesia juga merupakan pertemuan tiga lempeng dunia yang bergerak saling menumbuk hingga memunculkan gunung-gunung api. 

Berbagai fenomena dan kenampakan alam tersebut se­laik­nya diolah demi kemaslahatan rakyat Indonesia. Sayangnya, tidak banyak penelitian yang mampu mengukur, mengambil sampel, hingga mengamati dan menganalisis laut Indonesia sehingga potensial untuk dijadikan data dan aset nasional. Dari sinilah, hadir Ekspedisi Jala Citra, yakni kegiatan kolaborasi antara Pusat Hidro-Oseanografi Angkatan Laut (Pushidrosal) dengan berbagai peneliti dari bermacam instansi, lembaga, dan perguruan tinggi guna mengungkap berbagai aspek kelautan, khususnya di kawasan perairan timur Indonesia.

 

Ekspedisi Jala Citra 3-2023 “Flores”: Ungkap Fitur Lantai Samudra serta Karakteristik Kolom Air Laut Flores Guna Keselamatan Pelayaran, Pertahanan, dan Pemba­ngunan Kelautan Berkelanjutan merupakan kumpulan karya dan hasil survei yang dilakukan selama kegiatan ekspedisi. Ditulis secara runtut dan sistematis, serta dilengkapi dengan berbagai dokumentasi yang ciamik, buku ini menyajikan proses penelitian panjang nan menantang para ABK KRI Spica (934) serta beragam temuan yang layak untuk digali lebih lanjut demi kedaulatan bangsa.