Segera Terbit: UNIVERSITAS TERBUKA 39 TAHUN BERTRANSFORMASI

Judul : UNIVERSITAS TERBUKA 39 TAHUN BERTRANSFORMASI

Penulis : Tri Harijono

Ukuran : 15 x 23 cm

Halaman : 248 halaman

Memasuki usia 39 tahun, banyak langkah yang sudah dilakukan Universitas Ter­buka untuk men­cerdaskan bangsa. Ba­nyak kebijakan yang dikeluarkan un­tuk mendorong kemajuan pendidikan tinggi di Tanah Air.

Sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan masyarakat, terutama masyarakat pers, Harian Kompas dan Universitas Terbuka menjalin kerja sama untuk menghadirkan buku ini. Apresiasi dan penghargaan pantas diberikan, karena dalam perjalanan sejarahnya, segenap jajaran Universitas Terbuka tidak pernah lelah, tidak pernah mengeluh dan tetap bersemangat penuh pengabdian untuk mencerdaskan bangsa.

Kali ini derap langkah Universitas Terbuka dalam mencerdaskan bangsa, dilihat dari perspekstif yang berbeda. Harian Kompas yang selama ini mengikuti, mempublikasikan dan ikut mendokumentasikan berbagai aktivitas Universitas Terbuka, menuangkan pandangannya dalam bentuk sebuah buku. Sumber buku sebagian besar berasal dari catatan dan tulisan wartawan, serta  foto yang didokumentasikan Harian Kompas. Dokumentasi tidak hanya dilakukan sejak Universitas Terbuka berdiri tahun 1984, tetapi jauh ketika sistem pembelajaran jarak jauh masih berupa gagasan di tahun 1950-an. Gagasan yang dinarasikan kemudian diuji coba dan akhirnya diwujudkan dalam bentuk Universitas Terbuka.

Karena disajikan “pihak eksternal” yang selama ini mengikuti dan mendokumentasikan berbagai aktivitas Universitas Terbuka, bisa jadi sajian tulisannya agak berbeda. Tidak hanya mencatat berbagai capaian atau prestasi gemilang yang diraih Universitas Terbuka, tetapi juga pandangan masyarakat luas terhadap Universitas Terbuka. Pandangan bisa juga dalam bentuk keluhan, saran dan kritik konstruktif terhadap Universitas Terbuka. Kritik santun yang disampaikan sebagai bentuk kecintaan, kebanggaan dan harapan terhadap Universitas Terbuka.