Segera Terbit: DIPLOMASI BLUSUKAN Kebijakan Luar Negeri Era Jokowi

Judul : DIPLOMASI BLUSUKAN

Kebijakan Luar Negeri Era Jokowi

Penulis : Darmansjah Djumala & M. Aji Surya

Ukuran : 15 x 23 cm

Halaman : 520 hal

”Rakyat ingin mengetahui manfaat dari kerja diplomasi. 

Oleh karena itu, para diplomat dituntut untuk lebih membumi, melakukan diplomasi di lapangan guna mendengar kebutuhan mitra kerja di luar negeri dan mengetahui informasi pasar dari tangan pertama. Diplomat Indonesia harus melakukan Diplomasi Blusukan.” 

Joko Widodo

Jokowi memiliki ‘genre’ diplomasi yang khas, Diplomasi Blusukan. Di mana pun, Jokowi selalu menyempatkan blusukan bertemu berbagai lapisan masyarakat. Berangkat dari profilnya sebagai presiden yang berasal dari rakyat biasa, Jokowi mengeluarkan banyak gebrakan dalam kebijakan luar negeri yang berbasis kerakyatan, melibatkan rakyat dalam diplomasi. Corak kebijakan yang diklaim down-to-earth atau membumi ini diharapkan dampaknya bisa dirasakan langsung oleh rakyat. 

Selain gebrakan yang pro-rakyat, ternyata visi diplomasi Jokowi jauh ke depan. Langkah diplomasinya merambah lingkup bilateral, regional, dan multilateral. Secara perlahan tapi pasti, visi ini mulai mewujud dan membuahkan manfaat.

Buku ini membahas diplomasi Jokowi yang dilakukan melalui blusukan, melihat langsung on the spot, ke lapangan, sesuai dengan tiga bidang Trisakti itu, yaitu Diplomasi Kedaulatan dan Kebangsaan, Diplomasi Kemandirian Ekonomi, dan Diplomasi Budaya Berkepribadian.