Segera Terbit: SOSIOLOGI GENDER Pengantar Isu Gender dan Feminisme dalam Sosiologi

Judul: SOSIOLOGI GENDER Pengantar Isu Gender dan Feminisme dalam Sosiologi

Penulis: Rivan Moh. Faiz Maulana

Halaman: 176 halaman

Ukuran: 15  x 23 cm

Gender telah menjadi isu yang sedang ramai diperbincangkan dalam berbagai perspektif ilmu, salah satunya adalah ilmu sosiologi. Kehadiran sosiologi gender, dalam ruang lingkup ilmu sosiologi, pada akhirnya memberikan perspektif baru dalam memandang fenomena sosial yang ada di tengah-tengah masyarakat.

Sosiologi gender diharapkan mampu memberikan analisis yang tajam mengenai problem ketimpangan gender, selain itu juga mampu memberikan kritik terhadap realitas yang sering kali menempatkan perempuan pada posisi second class. Posisi perempuan dan laki-laki sering sekali dibedakan secara signifikan: perempuan cenderung diposisikan dalam domestic sphere, sementara laki-laki sangat dominan pada public sphere.

Pembedaan posisi dan peran antara laki-laki dan perempuan tersebut terjadi akibat salah kaprah masyarakat memaknai gender yang disamaartikan dengan seks (jenis kelamin), yang padanya segala konsekuensi yang melekat akhirnya juga ikut disalahpahami.

Oleh karena itu, kajian sosiologi gender menjadi sangat penting dan urgen untuk mampu mengurai problem ketimpangan, ketidakadilan, dan ketidaksetaraan gender di masyarakat. Dengan terbitnya buku ini diharapkan mampu memberikan pemahaman dasar tentang apa itu gender, dan apa itu sosiologi gender.